Sebanyak 4500 Peserta Ikuti Seleksi Pendamping Desa Tahun ini 2017

Bogor-(10/09), Institute Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi melalui Ditjen PPMD , melaksanakan rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional (TPP)  Tahun 2017.
Rekrutmen TPP ini meliputi Tenaga Ahli Pendamping Masyarakat (TPAM) Kabupaten/Kota, Pendamping Desa (PD),  PDTI,  dan Pendamping Lokal Desa (PLD) .Kegiatan ini dilaksanakan di IPB, Jawa Barat
Proses rekrutmen pendamping desa telah memasuki tahap seleksi tes tulis yang dilakukan di Pergurutan Tinggi Nasional yang ditunjuk dari masing-masing Provinsi. 
Total rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa tahun 2017 berjumlah 4500. Seleksi ini dijamin transparan dan akuntabel karena melibatkan langsung pihak oerguruan tunggi yang sudah teruji dalam seleksi.
Seleksi Pendamping Desa tahun 2017 berbeda dengan tahun kemarin dana desa di dekonsentrasi, Juknis yang berasal dari kemendesa dan tes hanya wawancara dan tertulis tidak ada tes psikotes.  
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Prodi Ilmu Ekonomi Syariah FEB IPB Dr.  Jaenal Effendi menyampaikan tugas pokok pendamping desa adalah sesuai UU no. 6 Tahun 2014 tentang UU Desa,  yang dikatannyaaa ” Tugas utama pendamping desa adalah mengawal implementasi UU No. 6 Tahun 2014 dengan memperkuat proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat desa.”  
Harapannya, Pendamping Desa mampu melakukan transformasi sosial dengan mengubah secara mendasar pendekatan pemberdayaan masyarakat desa. 
Dengan demikian,desa-desa di dorong menjadi subjek penggerakan pembangunan indonesia dari pinggiran.
sumber : http://dpmdesa.jabarprov.go.id/berita-414-sebanyak-4500-peserta-ikuti-seleksi-pendamping-desa-tahun-ini-2017.html